Kamis, 23 Februari 2012

Pembiayaan Jangka Pendek

PEMBIAYAAN JANGKA PENDEK


    Pengertian manajemen jangka pendek: merupakan pengelolaan aktiva lancar (kas surat berharga, piutang, persediaan) dan pasiva lancar perusahaan (hutang dagang, wesel bayar, kewajiban yang masih harus dibayar) untuk mencapai keseimbangan antara laba dan resiko agar memberi kontribusi nilai positif terhadap nilai perusahaan.misalnya aktiva lancar dalam jumlah besar berakibat pada penigkatan resiko tidak dapat membayar pada saat jatuh tempo.

      Pembiayaan jangka pendek merupakan hutang dengan jangka waktu 1tahun atau kurang yang digunakan untuk mememnuhi kebutuhan musiman dan aktiva lancar. 


      Pembiayaan spontan adalah pembiayaan yang diperoleh dari operasi normal perusahaan dengan 2 sumber pembiayaan meliputi gutang darang, dan kewajiban yang mesti harus dibayar.
hutang dagang dan kewajiban yang mesti harus dibayar merupakan sumber pembiayaan jangka pendek yang diperoleh tanpa menjaminkan aktiva tertentu sebgai agunan,
Tipe pendanaan jangka pendek :
  1. pendanaan spontan adalah jenis pendanaan yang berubah secara otomatis dengan berubahnya tingkat kegiatan perusahaan misalnya penjualan perusahaan cth: utang yang diperoleh dari bank.
  2. pendanaan tidak spontan adalah jenis pendanaan yang tidak berubah secara otomatis dengan berubahnya tingkat kegiatan perusahan contohnya: utang yang diperoleh dari bank
pendanaan spontan
jenis pendanaan ini memiliki karakter jika aktifitas perusahaan berubah maka sumber pendanaan pun ikut berubah secara otomatis. Beberapa bentuk sumber dana spontan antara lain : utang dagang, rekening2 acrual misalnya pembayaran upah atau gaji atau pembayaran pajaak)utang dagang timbul karena perusahaan membeli pasokan dari supplier dengan kredit sedang utang pajak terjadi karena pajak dibayar setiap tanggal tertentu di setiap tahunnya.rata2 utang dagang= nilai utang/perputaran utang
perputaran utang 1 tahun=periode waktu/jangka waktu kredit

pendanaan tidak spontan
jenis pendanaan ini memiliki karakter bahwa untuk memperoleh menambah maupun mengurangi dana perusahaan membutuhkan waktu untuk negosiasi atau perundingan secara formal. Beberapa bentuk sumber dana tidak spontan antara lain:
1.   commercial papper merupakan surat utang jangka pendek (jangka waktu 30-90 hari) tanpa jaminan yang dikeluarkan perusahaan besar dan sijual langsung ke investor. Biasanya hanya perusahaan besar yang bisa mengeluarkan commercial papper
2.   pinjaman kredit berasal dari lembaga keuangan dan lembaga keuangan non bank.pinjaman dari bank ada 2 jenis
·         kredit transaksi yaitu kredit tang ditujukan untuk tujuan spesifik tertentu
·    kredit lini dengan peminjaman ini peminjam bisa meminjam sampai jumlah maksimum tertentu yang menjadi plafon ( batas atas peminjaman)
3.    factoring atau anjak piutang berarti menjual piutang dagang. Dari segi perusahaan yang mempunyai piutang factoring memmpunyai manfaat karena perusahaan tidak perlu menunggu sampai piutang jatuh tempo untuk mewmperoleh kas. Piutang juga memperoleh manfaat karena factoring merupakan alternative infestasi
4.  menjaminkan piutang.alternatif lain dari menjual piutang adalah menggunakan piutang sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman. Dengan alternative ini kepemilikan piutang masih ada di tangan perusahaan. Jika pinjaman tidak terbayar piutang yang dijasikan jaminan bisa digunakan untuk melunasi pinjaman.
5.    menjaminkan barang dagangan (persediaan) perusahaan bisa menjaminkan barang dagangan untuk memperoleh pinjaman. Prosedur yang dipakai akan sama dengan penjaminan piutang. Pemberi jaminan akan mengevaluasi nilai persediaan kemudian akan memberikan pinjaman dalam persentase tertentu dari nilai persediaan yang dijaminkan.
6.      ekspektasi bank
7.      report
surat berharga atau commercial papper merupakan salah satu bentuk pembiayaan jangka pendek yang terdiri dari promes tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki standar kredit yang tinggi. Umumnya hanya perusahaan perusahaan besar saja dengan kondisi keuangan dan reputasi yang baik yang dapat menerbitkan commercial papper.
Keuntungan menggunakna commercial papper adalah :
Rendahnya tingakt bunga CP dibandingkan tingkat bunga peminjaman bank. Tidak diperlukan adanya agunan khusus untuk cp yang diterbitkan oleh penerbit. Akan tetapi ada lini kredit dengan jumlah nominal sama dengan cp yang diterbitkan perusahaan penerbit.akan tetapi ada lini kredit dengan jumlah nominal sama dengan cp yang diterbitkan untuk menjamin bila cp y

Keterbatasan cp
1.   sifat cp sulit diramalkan perkembangannya dibandingkan dengan pnjaman bank.sehingga sering mengakibatkan cp memiliki kadar resiko yang lebih tinggi.
2.   masih ada kemungkinan cp tidak laku diijual sedangkan pinjaman bank sudah pasti akan diterima di periode tertentu dengan demikian bila cp tidak laku dijual maka ada kemungkinann dana yang diperlukan tidak tersedia pada periode yang telah direncanakan.
3.    bila perusahaan penerbit mengalamin kesulitan keuangan saat cp jatuh tempo sehingga tidak mampu membayar kembali cp tersebut, sulit meminta waktu penundaan pembayaran pada para investornya.
Pendanaan spontan
1.    jenis pendanaan spontan. Jenis pendanaan ini mengikuti kegiatan perusahaan ada bbrp contoh jenis pendanaan yang spontan: hutang dagang dan rekening2 acrual . hutang dagang timbul karena perusahaan membeli pasokan dari supplier dengan kredit.
2.    mengevaluasi tawaran potongan kas. Potongan kas bisa dilakukan oleh perusahaan yang memberikan penjualan kredit.tujuan potongan tersebut adalah agar debitur melunasi hutangnya lebih cepat. Biaya ditanggung oleh kreditor tetapi jika ada tawaran potongan kas dan perusahaan tidak memnfaatkannya maka ada biaya kesempatan yang hilang.


ARTKEL TERKAIT



0 komentar:

Posting Komentar