Sabtu, 23 Januari 2010

BENGKULU UTARA

Kabupaten Bengkulu Utara

Bengkulu Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Kabupaten ini memilki luas wilayah 9.585,24 km2 dan populasi 23.000 jiwa (setelah pemekaran kabupaten bengkulu tengah). Ibu kotanya adalah Arga Makmur. Wilayah Bengkulu Utara yang mencakup pulau Enggano merupakan kabupaten paling luas di provinsi Bengkulu.

Sumber daya alam
Tanah Bengkulu Utara subur dan cocok untuk perkebunan. kelapa sawit, kakao, karet, dan kopi adalah andalankabupaten ini, selain pernah menjadi tempat pendulangan emas oleh bangsa Inggris. Mendulang emas hingga kini masih dilakukan dengan cara tradisional. komoditi kayu gelondongan dan rotan juga dihasilkan oleh bengkulu utara.

Penduduk
Pribumi kabupaten Bengkulu  Utara adalah suku rejang. Suku bangsa Pendatang adalah jawa, bali, minang, sunda, dan batak. Program transmigrasi rutin diberlakukan sejak gunung agung di bali meletus pada tahun 1963

Pariwisata
Bengkulu Utara memiliki banyak tempat wisata alam dan budaya, diantaranya Tapak Balai di Palik, Batu Layang, Pantai kota agung, sungai suci,makam panglima ratu samban, tebing kaning, sawah kemumu, dan palak siring yang merupakan salah satu habitat bunga Rafflesia.

dan masih banyak hal yang belum disampaikan...kunjungi web nya (http://www.arga makmur.go.id) langsung atau langsung datang kedaerahnya...he...he........

ARTKEL TERKAIT



0 komentar:

Posting Komentar